Jumat, 02 April 2010

Tips Rambut Sehat Berkerudung

Yang tak terlihat oleh mata bukan ber-arti tidak menjadi prioritas Anda dalam merawatnya. Kerudung berpotensi mengurangi kelancaran sirkulasi udara di kulit kepala, oleh sebab itu sudah menjadi keharusan bagi Anda untuk merawat kulit kepala lebih cermat. Dengan kulit kepala yang sehat, rambut yang tumbuh juga akan sehat terawat.

SEHATKAH RAMBUT ANDA?
Apakah rambut Anda sering rontok dalam jumlah yang ‘mengkhawatirkan’? Apakah akhir-akhir ini kulit kepala sering gatal dan terasa lembap? Ketahui segera, dan coba cek dulu kesehatan kulit kepala Anda. Agar dibilang sehat, kondisi kepala Anda harus lolos dari dua syarat berikut ini.
1. Ciri rambut yang sehat berawal dari keadaan kulit kepala yang sehat. Ciri kulit kepala yang sehat adalah berwarna keputihan dan tidak merah, tekstur kulit kepala terasa lentur (tidak kaku karena kering), tak ada tanda-tanda radang atau benjolan, dan pada setiap akar rambut juga tidak ada radang dan kulit permukaan kepala juga halus.
2. Kulit kepala yang sehat biasanya di tiap lubangnya berisi 2-3 batang rambut. Batang rambutnya sendiri harus lentur, berkilat, tidak bersisik, tidak bercabang pada ujungnya dan kalau ditarik atau ditekuk tidak mudah patah.


MASALAH UMUM RAMBUT BERKERUDUNG
Mencegah masalah lebih baik daripada mengobati. Apabila kerudung merupakan bagian dari busana Anda sehari-hari, Anda perlu untuk mengetahui sejak dini permasalahan yang mungkin timbul di kemudian hari Atau, jangan-jangan Anda sedang mengalaminya saat ini?

1. Ketombe
Pemicu: Kondisi rambut yang lembap adalah pemicu tumbuhnya jamur, dan bila dibiarkan akan terus berkembang biak sehingga muncullah ketombe.
Rambut yang berkerudung cenderung lebih mudah lembap daripada yang tidak berkerudung. Kulit kepala yang lembap adalah tempat yang menyenangkan bagi jamur untuk tumbuh dan berkembang biak.

Cegah: Setiap kali usai beraktivitas seharian, segera buka kerudung dan angin-anginkan rambut Anda yang lembap agar kering. Cuci rambut Anda dengan sampo yang diformulasikan untuk digunakan sehari-hari, terutama apabila aktivitas Anda padat.
Secara rutin gantilah kerudung Anda setiap harinya agar kulit kepala selalu segar. Selain itu, gunakan tonik rambut untuk menutrisi kulit kepala dan menjaga agar pH kulit daerah kepala tetap seimbang.

Atasi: Bila ketombe telah muncul, segera ganti sampo Anda dengan yang khusus digunakan untuk merawat rambut berketombe. Lakukan creambath antiketombe seminggu sekali secara rutin selama sebulan berturut-turut sampai ketombe benar-benar bersih.
Bila ketombe masih membandel, lakukan perawatan rambut yang lebih intensif di salon-salon berpredikat baik yang menawarkan program pembasmian ketombe secara intensif yang biasanya disertai diagnosis dengan peralatan mesin dan serum yang canggih, dan memberi laporan perkembangan rambut Anda di setiap sesinya.

2. Rontok
Pemicu: Rambut rontok pada pengguna kerudung biasanya terjadi karena cara pemakaiannya yang kurang benar. Biasa terjadi pada wanita berambut panjang. Rambut diikat terlalu kuat kemudian ditutupi oleh jibab berlapis-lapis yang akan menyebabkan terjadinya tekanan pada rambut.

Cegah: Pakailah kerudung dari bahan yang elastis dan kalau bisa, tidak berlapis-lapis. Sebaiknya rambut tidak dibiarkan terlalu panjang agar dapat diurai, kalau bisa panjangnya di bawah 60 cm.

Atasi: Sampo saja tidak cukup untuk menghentikan kerontokan rambut. Anda perlu menggunakan masker rambut dan serum khusus rambut rontok. Bila hal ini tidak memberi hasil yang maksimal, saatnya untuk mengunjungi klinik kulit untuk mengecek keadaan kulit kepala Anda dan mengatasi kerontokan secara lebih serius. Karena, kerontokan juga bisa disebabkan oleh faktor fisik, seperti hormon dan pola makan, atau non-fisik yaitu stres dan insomnia.

3. Lepek (berminyak & tidak bervolume)
Pemicu: Karena kita tinggal di negara tropis, otomatis keadaan kepala yang tertutup makin meningkatkan produksi keringat. Keringat yang berlebihan itu menyebabkan kulit kepala menjadi lekas lembap dan mudah kotor, sehingga rambut jadi lepek dan tidak bervolume.

Cegah: Anda harus rajin mencuci rambut sekaligus membersihkan kulit kepala secara seksama. Bila sangat lepek, dianjurkan melakukannya setiap hari. Kurangi pemakaian conditioner. Untuk menghindari ujung-ujung rambut menjadi kering, Anda bisa menggunakan conditioner hanya pada ujung rambut saja.

Atasi: Selain mengganti sampo, bagi Anda yang berambut lepek perlu ‘mengistirahat-kan’ rambut dari produk styling rambut, seperti gel, wax, hair spray, atau mousse karena bersifat memberatkan rambut. Bila rambut Anda sulit diatur karena terlalu lepek, mungkin inilah saatnya untuk mengubah juga gaya guntingan rambut dengan teknik guntingan berlayer atau model bob dengan trap di bagian belakang, agar rambut terlihat lebih bervolume.

4. Gatal
Pemicu: Gatal disebabkan oleh terjadinya infeksi pada kulit kepala yang diakibatkan oleh jamur dan bakteri. Kebiasaan menggaruk juga kian memperparah keadaan karena akan menimbulkan peradangan.

Cegah: Pastikan Anda cocok dengan sampo yang sedang digunakan. Bila ternyata masalahnya terletak pada sampo, segera beralih ke produk lain. Lakukan pembilasan secara lebih cermat setiap kali selesai mencuci rambut. Hindari menggaruk kulit kepala, membilas dengan air hangat juga sangat disarankan bila rasa gatal menyerang.

Atasi: Bila rasa gatal menjadi sangat menyiksa, ada kemungkinan telah terjadi peradangan kronis di kulit kepala. Segera ke dokter kulit untuk mendapatkan perawatan intensif, dan hentikan menggaruk kulit kepala Anda.

sumber: http://www.femina-online.com

Kamis, 01 April 2010

Tips Make Up Cepat dan Praktis

1. Pilih produk riasan yang praktis dari segi kemasan maupun fungsi, seperti lipstik dan maskara dalam satu tube.

2. Hindari produk riasan dalam bentuk tabur dan di dalam kemasan pot, karena akan sulit mengontrol pengaplikasiannya.


3. Pilih produk yang langsung memiliki aplikator, seperti lip gloss dalam tube, atau lipstik pena dengan ujung berbentuk kuas.


4. Tidak disarankan Anda melakukan riasan dari dasar. Pastika
n alas bedak, concealer, dan bedak sudah Anda gunakan di rumah.





TIPS

Pastikan mobil Anda parkir dengan aman. Karena waktu Anda cukup singkat, manfaatkan hanya untuk menambah dan mengoreksi riasan


sumber:
http://www.femina-online.com

Selasa, 30 Maret 2010

Olahraga Atasi Keropos Tulang

Penanganan gangguan tulang, khususnya keropos tulang, selama ini hanya difokuskan pada masalah hormon dan kalsium saja. Namun, penelitian terbaru menyimpulkan bahwa olahraga mempunyai peran penting untuk mengatasi penyakit tersebut.

Osteoporosis (keropos tulang) adalah proses degenerasi pada tulang. Olahraga yang cukup dan teratur diketahui tidak hanya membentuk otot, melainkan juga memelihara dan meningkatkan kekuatan tulang. Olahraga, obat-obatan, dan pengaturan makanan yang baik merupakan kombinasi yang baik untuk menanggulangi osteoporosis dibandingkan dengan pengobatan atau pengaturan makan saja.
Mereka yang berolahraga teratur diketahui kepadatan tulangnya lebih baik daripada mereka yang tidak beraktivitas fisik. Tingkat kepadatan tulang terkait juga dengan beban aktivitasnya. Mereka yang tidak beraktivitas fisik akan menurun kepadatan tulangnya.

Pada penelitian lainnya, latihan beban pada lengan bawah yang dilakukan oleh wanita menopause (53-74 tahun) dapat menaikkan kepadatan tulangnya 3.8% setelah lima bulan latihan, tiga kali per minggu dan sekali berlatih 50 menit. Cukup banyak teori yang menyebutkan bahwa tulang merespons secara lokal pada tempat yang mendapatkan beban dan terjadi pertumbuhan tulang (osteogenesis). Teori lainnya yaitu sel-sel tulang yang terkena tarikan mekanis melalui latihan olahraga akan memicu masuknya ion-ion kalsium ke dalam sel diikuti dengan produksi prostaglandin dan oksida nitrit sehingga aktivitas enzim yang memicu hormon pertumbuhan akan meningkat dan terjadilah remodelling tulang.

Program yang baik untuk osteoporosis adalah kombinasi antara lima tipe latihan olahraga, yaitu aerobik yang terbebani berat badan, latihan dengan benturan keras, latihan untuk kekuatan, perimbangan, dan kelenturan. Aktivitas aerobik berbeban berat badan adalah jalan kaki perlahan, cepat, atau joging. Tulang-tulang pada pinggul, punggung, dan pinggang akan mendapat banyak manfaat dari latihan ini. Latihan dengan benturan keras adalah tenis, bola voli, bola basket, lompat tali, lompat vertikal, yang dapat meningkatkan kepadatan tulang jauh lebih cepat.

Pada latihan tersebut, tulang mendapatkan pembebanan 3-6 kali berat badan. Kelemahannya adalah cukup beratnya pembebanan pada sendi sehingga kurang aman bagi yang telah terkena osteoporosis. Penelitian yang dilaporkan dalam Journal of The American Medical Association menunjukkan bahwa latihan kekuatan misalnya angkat beban dua kali dalam seminggu memang dapat mengurangi risiko fraktur pada wanita pasca menopause.

Bagi mereka yang telah terkena osteoporosis, pola latihannya berbeda dengan program pencegahan dan harus dilakukan dengan benar, hati-hati, dan perlahan. Pada tahap awal, latihan diutamakan pada kelenturan sendi dan secara bertahap ditingkatkan dengan pelatihan kekuatan anggota badan.

Jadi, jangan malas berolah raga lagi yaa :)


Sumber: Journal of The American Medical Association

Senin, 29 Maret 2010

Iced Strawberry Coffe

Ingin menikmati sesuatu yg dingin dan segar dikalan udara panas..? yang satu ini gampang dibuat.. :)
* kopi instan 1/2 sdt
* susu kental manis 1 sdm
* sirup strawbery 1 sdm
* strawberry segar 4 buah
* es serut 1 cangkir

caranyaa cukup blender smua bahan sampai tercampur, tuangkan ke dalam gelas, sajikan dengan menambahkan potongan buah strawberry.

siap dinikmati! :) gampang banget kaan.. yuk nyoba



Photobucket

Jumat, 26 Maret 2010

Tips Menghilangkan Jerawat

Wajah adalah pesona setiap insan, baik itu pria atau wanita. Hal yang pertama kali diperhatikan jika kita bertemu seseorang adalah wajah. oleh karena itu kita wajib menjaga kebersihan wajah kita. Jika di wajah kita muncul yang namanya jerawat, pasti akan mengganggu sekali terhadap penampilan kita…khususnya bagi wanita yang selalu peduli akan kecantikan.

Jerawat akan lebih menyiksa lagi karena sering muncul pada masa pubertas yang katanya sebagian besar orang adalah masa yang paling indah, masa2 pacaran. bagaimana kita bisa punya pacar jika wajah kita merupakan sarang jerawat? Pasti sulit sekali bukan? Berikut ini tips yang akan membuat jerawat anda hilang dan tidak akan mengganggu penmpilan anda lagi :
1. Mencuci wajah 2 kali sehari

Mencuci wajah 2 kali sehari akan membantu menghilangkan minyak di permukaan kulit kita. Jika kita jarang membersihkannya, maka bakteri penyebab jerawat akan hidup subur di wajah kita. Namun ingat..jangan mencuci wajah apalagi menggosok wajah secara berlebihan karena malah akan meningkatkan produksi minyak sobaceous yang dapat menyebabkan masalah kulit pada wajah. Cucilah wajah 2 kali sehari dengan menggunakan sabun yang lembut.

2. Sesuaikan kosmetik dengan jenis kulit anda

Jika kulit anda berminyak maka gunakanlah kosmetik untuk kulit berminyak, jika kosmetik yang anda gunakan tidak sesuai dengan jenis kulit anda..jerawat akan segera mendatangi kulit wajah anda. Jadi berhati-hatilah dalam memilih kosmetik.

3. sebisa mungkin hindari kosmetik yang berminyak.

secara alami wajah kita akan menmproduksi minyak, bahkan kulit kering sekalipun. Jadi sebisa mungkin hindarilah hindarilah menggunakan kosmetik yang berlebihan karena minyak dan debu akan menjadi media bakteri penyebab jerawat untuk bermukim di wajah kita.

4. Keringkan wajah kita dengan handuk yang bersih setelah cuci muka atau mandi, karena bakteri juga menyukai tempat yang lembab dan hangat.

5. Minum air putih

Hampir 70% kulit kita terdiri dari air, dengan minum air minimal 2 liter sehari, maka kulit kita akan selalu fit dan sehat.

6. gunakan pelembab kulit

Menggunakan pelembab akan membantu menyehatkan kulit kita, terutama dari kulit kering dan pecah2. Namun pelembab disini bukan berarti pelembab yang berminyak..sekarang sudah banyak produk kosmetik yang berbahan dasar air.

7. selalu pastikan kulit anda bersih sebelum tidur.

Selalu cuci muka anda sebelum tidur agar kulit beregenerasi dengan baik.

8. Sering-seringlah makan sayur dan buah.

sayur2an mengandung banyak vitamin yang menyehatkan kulit kita. Perbanyaklah makan sayur atau buah, terutama yang mengandung vitamin E. Dengan kulit yang sehat, maka jerawat akan sukar untuk tumbuh dan berkembang.

9. Tidur yang cukup dan teratur.

Kulit juga sama seperti kita, butuh istirahat. Jadi biasakanlah untuk tidur yang cukup dan teratur. Karena saat kita tidur, kulit akan beregenerasi dan membuang racun2 yang berbahaya sehingga saat kita bangun keesokan harinya kulit kita akan kebali segar.

http://www.pusatgratis.com/tutorial/kecantikan/9-tips-menghilangkan-jerawat.html

Photobucket

Text Widget